Mencoba Memaknai Hidup Dengan Tekad, Kebersamaan, dan Do'a

7 Tips Membangun Mental Yang Kuat

7 Tips Membangun Mental Yang Kuat


Mental merupakan sebuah stimulus dari dalam untuk menjadikan hidup kita lebih berarti. Meski timbul dari dalam, bukan berarti kita sulit untuk membangunnya. Berikut adalah 7 tips membangun mental pada diri kita :

Cerita Sepanjang Penghidupan


1. Fokus Pada Masa Kini
Fakta menunjukkan bahwa kita sering menambah masalah kita dengan membangun mereka dalam pikiran kita untuk menjadi lebih besar dari yang sebenarnya. Seberapa sering kita menemukan bahwa hal-hal yang kita khawatirkan tentang hari berakhir tidak terjadi sama sekali, atau tidak sebesar masalah seperti yang kita pikir? Tapi, dengan fokus pada saat ini sebanyak mungkin, kita dapat meminimalkan kekhawatiran dan ketakutan yang mengarah ke emosi negatif.

2. Gunakan Bahasa Positif
Apakah kita pernah melihat seberapa banyak dari apa yang kita katakan adalah negatif?
Beberapa orang terus-menerus mengeluh tentang cuaca, pekerjaan mereka, pasangan mereka, tetangga mereka, dan sejumlah hal lain. Kita semua melakukannya dari waktu ke waktu. Namun, itu bagus untuk mengingatkan diri kita bahwa kata-kata kita dibentuk oleh pikiran kita, dan semakin kita dapat mencari hal-hal positif untuk dikatakan, pikiran kita akan menjadi lebih positif.

3. Menerima Ketika Sesuatu Tidak Berjalan dengan Sempurna
Memang sulit untuk menerima hal-hal yang tidak berjalan sesuai keinginan kita. Kadang-kadang terjadi hal-hal yang di luar kendari kita, dan sebaiknya jangan membuang-buang energi kita pada emosi negatif, lebih baik terimalah bahwa hal-hal tersebut memang tidak berjalan sesuai dengan yang kita inginkan. Gunakan pikiran yang tenang dalam menyelesaikan masalah tersebut. Ingat, masalah sering berlalu seiring berjalannya waktu.

4. Bergaullah dengan Orang-Orang yang Positif.
Ini adalah fakta sifat manusia bahwa kita cenderung untuk meniru orang yang menghabiskan waktu dengan kita. Jadi, semakin sering kita menghabiskan waktu dengan orang-orang yang berpikir positif, semakin besar kemungkinan adalah bahwa kita akan mulai berpikir dan bertindak dengan cara yang sama.
Juga, jangan meremehkan kekuatan tertawa, tertawa adalah salah satu cara untuk mengurangi stres, menghubungkan kita dengan orang di sekitar kita, dan umumnya membuat kita merasa lebih baik.

5. Berkontribusi Sesuatu yang Bermakna
Salah satu cara terbaik untuk merasa lebih positif adalah untuk berkontribusi pada komunitas kita dalam beberapa cara. Dapat dengan semangat untuk membantu orang lain, apakah itu melalui penggunaan waktu kita, keterampilan atau kontribusi keuangan. Seperti halnya perasaan baik yang datang dengan membuat perbedaan dalam hidup seseorang, memberikan kontribusi waktu dan usaha. Mungkin dengan ini dapat memungkinkan kita melihat masalah kita dalam cahaya yang berbeda.

6. Terus Belajar
Mengembangkan rasa ingin tahu tentang dunia di sekitar kita, dan orang-orang di dalamnya. Tidak peduli situasi apa kita berada di sekarang, selalu ada sesuatu yang kita bisa pelajari dari itu.
Mengambil sesuatu hikmah dalam kehidupan memberi kita energi, membantu menciptakan ide-ide baru dalam pikiran kita, dan memberi kita cara berpikir yang berbeda tentang hal-hal, yang dapat memiliki dampak positif pada kehidupan kita secara keseluruhan.

7. Bersyukur
Luangkan sedikit waktu setiap hari memikirkan hal-hal yang membuat kita benar-benar bersyukur dalam hidup kita. Mengingatkan diri dari semua alasan kenapa kita harus bersyukur, dapat membantu untuk mempertahankan fokus kita akan sesuatu yang kita ingin capai.

Untuk membangun sebuah mental yang kuat memang sedikit terjal karena ditengah pasti ada hambatan yang harus kita lalui. Bagaiman kita memandang hidup kita ini adalah kunci utama dalam membangun mental yang kuat. Tak perlu melihat sisi negatif, yang penting kita harus berpikiran positif dan selalu melakukan yang positif pula. Dari situlah perlahan-lahan mental kita akan terbangun dan lama-kelamaan akan menjadi kokoh dan sulit untuk dipatahkan

Sumber



Posted by Unknown , Published at 20.51 and have 8 komentar

8 komentar :

  1. Terima kasih atas tipsnya..:D
    Risandy Irawan Aurizal(Facebook)

    BalasHapus
  2. oke mas rizal, trimakasih juga sudah mampir dilapak saya........ :D

    BalasHapus
  3. Hatur nuhun pisan kangge elmuna kang,

    BalasHapus
  4. sami2 kang irvan....hatur nuhun pisan kang, sudah berkunjung......

    BalasHapus
  5. Orang kuat itu adalah tk pernah merasa kuat tapi bisa menolak yang seharusnya tidak ia lakukan dengan memakai akal sehat

    BalasHapus
  6. pintar juara belum pas kalau mentalnya jelek, nih tips agar menjadi mental juara http://mihape.blogspot.com/2015/02/cara-agar-punya-mental-juara.html

    BalasHapus
  7. ORANG HEBAT ORANG YANG PANTANG MENYERAH APA PUN KEADAANYA DAN PANTANG LARI BILA ADA MASALAH

    BalasHapus