Mencoba Memaknai Hidup Dengan Tekad, Kebersamaan, dan Do'a

Opini : Malam Nisfu Syaban

Opini : Malam Nisfu Syaban

Assalamualaikum. lama tak berkelana didunia maya membuat sedikit terhambat untuk menyalurkan apa yang ada di pikiran saya kepada sobat CS-Pe semua. bulan Juni 2014 euforia pada masyarakat umumnya tertuju pada piala dunia 2014 dengan tuan rumah brazil. Sehingga bulan sya'ban pun terlupakan. Apa saja hal yang terdapat di bulan sya'ban ?

Cerita Sepanjang Penghidupan


Masyarakat indonesia umumnya mengenal malam nisfu syaban. Apa itu malam nisfu syaban?
Nisfu artinya pertengahan. Jadi bisa dkatakan penyebutan Nisfu Sya'ban adalah pertengahan bulan sya'ban. Banyak masyarakt yang mengistimewakan malam tersebut. Pertengahan bulan biasanya adalah tanggal 13,14,15 bulan qomariyah. namun juga banyak yang menyebut malam itu terjadi malam 13, 14 ataupun yang menyebut malam 15. Dari beberapa pencarian saya, tidak ada yang menentukan tanggal berapa untuk nisfu syaban tersebut. Nah pertama saya akan bahas beberapa keutamaan malam nisfu syaban ini (saya ambil dari berbagai sumber):

Ulama Tabiin Atha’ bin Yassar berkata: "Tidak ada malam yang lebih utama setelah malam Lailatul Qadar kecuali malam Nisfu Sya’ban. Pada malam itu Allah swt turun ke langit dunia lalu menebarkan ampunan kecuali kepada orang menyekutukan Allah dan bermusuhan".

Imam Syafii diriwayatkan berkata:"Sampai kepadaku bahwa do’a dikabulkan pada lima malam, yaitu malam Jum’at, malam dua hari raya, awal Rajab dan malam nusfu Sya’ban".

Ibnu Taymiyah diriwayatkan berkata: "Malam nisfu Sya’ban di dalamnya terdapat keutamaan, orang-orang salaf ada yang menghidupkannya dengan ibadah, tetapi kumpul-kumpul untuk menghidupkannya merupakan bid’ah".


bagaimana menurut pembaca semua ?

Ada satu catatan penting berkaitan dengan tradisi disebagian besar masyarakat kita. Banyak yang mengatakan bahwa malam nisfu syaban adalah malam ditutupnya buku amal. Nah pertanyaan saya, kalo buku amal ditutup, bagaimana amal kita selanjutnya ? atau mungkin ada pengertian lain yang lebih baik ?

Untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, alangkah lebih baik kita menyikapi dengan baik. Jangan asal-asalan ikut-ikutan orang biar dilihatnya orang yang alim. Kita tidak tahu apakah amalan-amalan khusus pada malam itu bid'ah atau bukan, karena banyak yang menganjurkan juga banyak yang melarang. tergantung kita menyikapinya sesuai pengetahuan yang kita miliki.
Allahualam.
 





Posted by Agus Tri Atmadi , Published at 20.55 and have 0 komentar

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar