Mencoba Memaknai Hidup Dengan Tekad, Kebersamaan, dan Do'a

Opini : Merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW

Opini : Merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW



Pada hari ini umat islam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal 1434 H. Di hari yang indah ini banyak sekali terjadi kontroversi. Dari beberapa forum yang saya ikuti di dunia maya, ada banyak muslimin dan muslimah yang menganggap itu bid'ah juga ada yang bilang itu dianjurkan. Kalau kita melihat kedalam sejarah, memang Nabi Muhammad tidak pernah memberikan wejangan untuk merayakan hari kelahirannya setiap tahun. Tapi beliau melakukan puasa senin-kamis dimana keduanya adalah amalan tersendiri. Dari situ dapat saya simpulkan bahwa :

1. Hukum merayakan maulid Nabi
Apabila kita puasa di hari itu. maka hukumnya adalah sah - sah saja. Walaupun tidak ada dalil yang kuat mengenai hal tersebut, namun kita bisa menganggapnya seperti hari senin - kamis biasa. Jadi juga tergantung niat kita, kita berniat untuk menghormati waktu dimana Nabi Muhammad dilahirkan. Kalaupun ada orang yang mengatakan itu bid'ah, biarkan saja karena mungkin kita beda pendirian. Dan juga tidak ada yang tahu siapa yang benar dan masih menjadi kontroversi sampai saat ini. Hanya Allah Yang Maha Mengetahui.

2. Mengapa banyak yang mengatakan itu bid'ah
Hanya orang - orang yang beriman lah yang mampu menahan segala nafsunya. Yah, diluar sana banyak orang yang berkoar-koar menyerukan bahwa merayakan maulid Nabi adalah bid'ah karena tidak ada tuntunannya. Orang - orang yang seperti ini mungkin berperilaku seperti itu karena beberapa faktor. Kurang begitu mendalami ajaran agam islam yang benar dan mungkin hanya mengetahui secara syariat saja. Bisa saja hasutan dari oknum tertentu. Mengenai hal merayakan, kita semua juga tidak tahu mana yang benar, yang penting kita sudah berniat baik memperingati kelahiran Nabi kita.

Mungkin pendapat ane masih terbilang keceng, maaf ane masih tahap belajar untuk mendalami agama lebih lanjut. Kalau ada salah-salah katanya atau pendapat yang menyinggung anda mohon kritik dan masukannya diberikan. terima kasih banyak. Wallahu'alam bishowab.





Posted by Agus Tri Atmadi , Published at 09.48 and have 0 komentar

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar