Mencoba Memaknai Hidup Dengan Tekad, Kebersamaan, dan Do'a

TIps agar Mata tidak Cepat lelah di depan Laptop Seharian

TIps agar Mata tidak Cepat lelah di depan Laptop Seharian


Kali ini admin akan memberikan sedikit tips tentang kesehatan. Yang ini admin bahas adalah tentang kebiasaan kita mengoperasikan laptop seharian, dan bagaimana caranya agar mata tidak cepat lelah ?

Cerita Sepanjang Penghidupan


Meski ada anggapan bahwa hal itu sepenuhnya tidak benar, tapi pada dasarnya memaksa mata bekerja terlalu keras di depan monitor memang bisa mengganggu kesehatan mata. Anda mungkin pernah mengalami kesulitan untuk memfokuskan objek pandang atau otot mata mengendur, yang sebenarnya adalah sebuah indikasi kesehatan mata kita sedang terganggu.

Nah, oleh sebab itu, meski bekerja dengan notebook saat ini begitu menyenangkan, Anda juga mesti ingat untuk selalu menjaga kesehatan mata. Yuk, simak beberapa tips ini yang bermanfaat bagi Anda yang sering berlama-lama di depan layar monitor :

  • Jaga jarak pandang dari monitor. Terlalu dekat memandang monitor membahayakan bagi mata kita. Ada baiknya kita memberi jarak, jangan terlalu dekat memandang monitor, setidaknya 50-100 cm dari mata.
  • Mulailah beralih ke LCD. Monitor tabung (CRT) dianggap memiliki efek radiasi yang cukup besar. Jika desktop PC Anda masih menggunakan CRT, ada baiknya jika mulai beralih ke LCD karena selain menggunakan daya yang lebih rendah, monitor LCD juga lebih rendah radiasinya.
  • Atur pencahayaan dari komputer. Ubah-lah level brightness layar monitor Anda hingga terlihat nyaman di mata. Beberapa monitor memiliki pre-set display mode untuk memudahkan pengaturan pencahayaan monitor tersebut, misalnya monitor Acer S231HL.
  • Istirahatkan mata 10 – 15 menit. Jangan memaksakan mata untuk selalu memandang monitor dalam waktu yang lama. Istirahatkan mata, misalnya dengan menutupkan kelopak mata beberapa saat atau melihat objek yang jauh selama kurang lebih 10 detik. Anda juga bisa memanfaatkan waktu istirahat itu dengan membasuh muka, atau melihat pemandangan agar mata bisa rileks sejenak.
  • Gunakan kacamata Anti Radiasi. Jika Andamemiliki biaya berlebih, ada baiknya membeli kacamata anti-radiasi. Selain bisa dibawa kemanapun kita bekerja, kacamata ini juga sangat berguna ketika Anda bekerja di depan monitor, melindungi mata dari cahaya komputer, radiasi TV, dan sebagainya.




Posted by Agus Tri Atmadi , Published at 21.10 and have 0 komentar

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar