Mencoba Memaknai Hidup Dengan Tekad, Kebersamaan, dan Do'a

Kisah : Puasa Tetapi Tak Sholat

Kisah : Puasa Tetapi Tak Sholat

Assalamu'alaikum sobat CS-Pe.Alhamdulillah kita sudah memasuki puasa ramadhan tahun ini dihari ke-18. Bagaimana puasanya sobat semua ? bolong atau nggak bolong ? atau nggak bolong nggak puasanya ? hehehehe.

Cerita Sepanjang Penghidupan


Dulu ane sering sih mikirin tentang orang yang puasa tapi melalaikan sholat dengan sengaja. tapi baru sekarang kesampaian nulis pikiran itu di blog untuk sharing ke semua sobat semua. Menurut ane, pada dasarnya orang yang melakukan puasa adalah semata-mata untuk beribadah kepada ALLAH. Dengan begitu tentunya kita juga harus mematuhi perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Ya kan ?

Ada sesuatu hal yang menjadi tolok ukur ane ketika ane masih di bangku sekolah dulu, yaitu orang yang berpuasa tidak boleh melakukan dosa ? Nah, ini ada kisah yang ane alamin ketika ane masih sekolah dulu. Ada tetangga ane namanya Usman (samaran), dia seangkatan sama ane dan juga sohib ane. Pada saat bulan ramadhan usman ini rajin ibadah puasanya juga tarawihnya. Tetapi ada satu hal yang tidak dilakukannya yaitu sholat 5 waktu dan sholat jum'at. Nah waktu itu ane sedang kumpul sama temen-temen seperguruan (hehe kayak silat). Ane sempat nyinggung masalah puasa tanpa sholat, gan. Ane bilang "Wong sing poso iku gak oleh nglakoni dosa, wong sing gak sholat iku nglakoni dosa, dadi wong poso tapi gak sholat ngono iku piye hukume, cah ?".

Maaf itu dalam bahasa kampung ane, kalo dibahasa indonesiakan jadinya gini "Orang yang puasa itu tidak boleh melakukan dosa, orang yang tidak sholat itu melakukan dosa, jadi orang yang berpuasa tetapi tidak sholat bagaimana hukumnya, bro?"

Dari situ salah satu tetangga ane ada yang menjawab katanya, "Ya percuma saja puasanya, tidak sah cuma dapat lapar dan dahaga". Nah itulah obrolan sekumpulan anak-anak remaja yang masih mencari-cari karakter dan jatidiri mengenai agama. Namun hikmah dan barakah setelah itu adalah, temen ane si Usman mulai mengerjakan sholat 5 waktu dan sholat jum'at, bahkan dia sering ngajak ane jamaah di masjid. Ya hati ane senang, melihat sohib ane sekarang mengerti bagaimana konsep dasar puasa dan cara mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

Begitulah kiranya kisah yang bisa ane bagi disini, semoga bisa menginspirasi sobat semua. Apabila ada kata atau kalimat yang tidak mengenakan mohon dimaafkan, karena ane cumalah manusia biasa. Dan untuk masalah diterima atau tidaknya puasa kita, hanya ALLAH yang mengetahui. Kita semua berharap agar amal yang pernah kita lakukan diterima ALLAH sehingga bisa dibuat bekal seandainya kita dipanggil kehadapan-Nya.
Allahu'alam bishowab.


Posted by Agus Tri Atmadi , Published at 11.03 and have 3 komentar

3 komentar :

  1. Solat sing bener ki piye??
    Poso sing bener ki sing piye??
    Nyembah lek durung kenal sing disembah iku yo percuma, mek nggugurne kewajiban tpi ra oleh opo2,,,
    Sopo sing mok sembah, opo sing mok sembah??
    5 wektu, nypo kok mek 5 wektu???
    Salam

    BalasHapus
  2. kebenaran hanya milik ALLAH, kita sebagai umat-Nya hanya mampu melakukan sebisa mungkin sesuai dengan anjuran agama.......

    BalasHapus