Mencoba Memaknai Hidup Dengan Tekad, Kebersamaan, dan Do'a

7 Tips Menghadapi UAS

7 Tips Menghadapi UAS



Metode perkuliahan yang digunakan di kampus-kampus saat ini sangat bervariasi. Salah satunya dari metode evaluasi yang menggunakan ujian tulis sebagai akhir perjalanan perkuliahan selama satu semester. Nah, kali ini CS-Pe akan memberikan beberapa tips yang ampuh untuk menghadapi UAS (Ujian Akhir Semester).

1. Siapkan Mental

Mental seorang mahasiswa akan mampu merubah segalanya. Bila mahasiswa memiliki mental baja, maka segala ujian yang dilalui akan terasa ringan, dan sebaliknya jika mahasiswa memiliki mental yang jelek maka suasana UAS akan seperti neraka dunia. Untuk memiliki mental yang kuat, seorang mahasiswa harus mampu untuk tidak terpaku pada nilai yang akan diperoleh dan bersikap "woles" saja.

2. Jaga Kesehatan

Tips pertama ada kaitannya dengan tips yang kedua. Jika mental kita sedang down, maka otomatis kesehatan kita akan terganggu. Karena pada umumnya, kesehatan yang buruk diakibatkan oleh pikiran yang terganggu. Dan pikiran yang terganggu disebabkan oleh mental yang sedang down. Maka dari itu, kurangilah kebiasaan-kebiasaan yang beresiko terhadap kesehatan selama menghadapi UAS.

3. Do'a Ibu

Tidak dipungkiri lagi kalau do'a ibu adalah obat mujarab untuk memperlancar kegiatan yang sedang dilakukan. Salah satunya UAS ini. Kebanyakan mahasiswa adalah perantau, jadi jauh dari keluarga. Bagi mahasiswa yang ada kesempatan untuk pulang, maka pulanglah untuk sungkem kepada Ibu dan meminta do'a restu darinya. Sedangkan bagi yang tidak memiliki kesempatan untuk pulang (seperti saya), diharuskan untuk sering mengirim kabar kepada keluarga khususnya Ibu untuk meminta do'a restu. Karena do'a tidak akan dipisahkan oleh jarak, meski jauh dari keluarga namun do'a akan mengalir sampai do'a tersebut mencapai tujuannya (jika Allah menghendaki).

4. Istiqomah Dalam Beribadah

Jangan jadikan ibadah sebagai alat untuk mempermudah suatu keadaan. Kebanyakan orang sekarang ini (yang imannya masih kurang), rajin beribadah ketika menghadapi sesuatu yang dianggap prestisius seperti UAS ini. Namun setelah itu mereka lalai akan kewajiban tersebut dan itu adalah salah satu contoh kekufuran terhadap nikmat yang Allah berikan.

5. Baca Sekilas Tentang Mata Kuliah yang Diujikan

Jangan terlalu sering membaca. Cukup sekilas saja walau tidak mengerti. Karena sedikit akan lebih membantu daripada banyak membingungkan.

6. Jujur

Jawablah sesuai yag ada dipikiran anda. Jangan nyontek pekerjaan teman. Bila anda melakukan kegiatan menyontek, maka tips-tips sebelumnya akan sia-sia. Karena kejujuran adalah penyambung antara rejeki, kita dan Tuhan kita yaitu Allah SWT.

7. Baca Do'a Sebelum Mengerjakan Soal Ujian

Ini yang sering dilupakan oleh pelajar. Do'a diawal akan menentukan hasil akhir. Jika lupa, bisa jadi hasil akhirnya tidak sesuai keinginan.



Dari ke-7 tips diatas, mungkin anda bertanya mengapa CS-Pe tidak memberi tips untuk belajar giat ? Nah, itulah sebetulnya letak kesalahan dalam menghadapi UAS. Walaupun anda tidak sepandai teman-teman anda dikelas, percayalah bahwa "NILAI ITU ADALAH REJEKI". Jangan terpaku terhadap nilai, karena itu akan membuat anda menjadi individu yang egois. Berusaha dan Bertakwalah kepada Allah, niscaya akan diberikan kemudahan oleh-Nya.



Posted by Agus Tri Atmadi , Published at 19.03 and have 4 komentar

4 komentar :

  1. keren blognya :)
    semoga manfaat barokah
    :D

    BalasHapus
  2. Nice Post Jangan Lupa Kunjungi Balik http://jasapembuatanskripsimurahsurabaya.blogspot.co.id/

    BalasHapus