Mencoba Memaknai Hidup Dengan Tekad, Kebersamaan, dan Do'a

Tentang Amalan Sunnah pada Hari Asyuro

Tentang Amalan Sunnah pada Hari Asyuro




Alhamdulillah, kita sudah masuk bula muharram. Ini berarti kita suah memasuki tahun baru hijriah. Dengan datangnya tahun yang baru ini kita diharapkan memiliki kekuatan baru dalam hidup kita dimana kita harus bisa lebih baik dari tahun sebelumnya.

Bulan muharram adalah bulan yang sangat mulia. Kita dianjuran untuk berbuat kebaikkan di bulan yang mulia ini. Banyak sekali amalan-amalan sunah yang dianjurkan untuk dikerjakan di bulan ini. Salah satunya adalah puasa sunnah.

Puasa Asyuro dan puasa Tasu’a adalah salah satu bentuk amalan sunnah di bulan ini. Asyuro jatuh pada tanggal 10 Muharram (24 november 2012) dan Tasu’a jatuh pada tanggal 9 Muharram (23 November 2012). Banyak sekali faedah yang didapatkan pada puasa sunnah ini. Berikut ini adalah keutamaan berpuasa pada 2 hari tersebut.

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma, beliau berkata, “Ketika Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallamberpuasa pada hari ‘Asyura dan memerintahkan para sahabat untuk berpuasa padanya, mereka menyampaikan, ‘Wahai Rasulullah, sesungguhnya hari itu adalah hari yang diagungkan oleh orang Yahudi dan Nashrani.’ Lalu beliau shallallaahu 'alaihi wasallam bersabda, ‘Kalau begitu, pada tahun depan insya Allah kita berpuasa pada hari kesembilan’. Dan belum tiba tahun yang akan datang, namun Nabishallallaahu 'alaihi wasallam sudah wafat.” HR. Muslim, no. 1916)

Berkata Imam al-Syafi’i dan para sahabatnya, Ahmad, Ishaq dan selainnya, “Disunnahkan berpuasa pada hari kesembilan dan kesepuluh secara  keseluruhan, karena Nabi shallallaahu 'alaihi wasallam telah berpuasa pada hari ke sepuluh dan berniat puasa pada hari kesembilan.”

Maka dari itu, sebagai muslim yang baik mari kita mengerjakan amalan-amalan sunnah yang diajarkan Nabi Muhammad SAW kepada umatnya. Sesungguhnya hari itu adalah hari dimana orang yahudi merayakan untuk bersenang-senang, dan kita dianjurkan untuk berpuasa pada hari itu agar kita berbeda dengan orang yahudi.



Posted by Agus Tri Atmadi , Published at 02.06 and have 0 komentar

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar