Mencoba Memaknai Hidup Dengan Tekad, Kebersamaan, dan Do'a

Tips agar dapat menunaikan Sholat Tahajud

Tips agar dapat menunaikan Sholat Tahajud


Seluruh umat muslim tentunya sudah tahu betapa dahsyatnya manfaat dari sholat tahajud. Banyak yang beranggapan bahwa sholat tahajud adalah sholat yang paling disukai oleh Allah dan juga saat turunnya malaikat ke bumi. Namun tidak semua orang dapat melakukan ibadah ini. Karena godaanya yang begitu berat.

Cerita Sepanjang Penghidupan


Dengan hati penuh tawaddu’ akan lebih baik jika hati kita ikut berdoa dan tubuh kita juga berusaha untuk mewujudkannya. Kita harus percaya dan yakin bahwa Allah SWT selalu bersama dengan orang-orang yang ingin bertemu dan menyapaNya yaitu dengan shalat tahajud. Berikut adalah tips mudah menunaikan shalat tahajud setiap malam.

1. Ikhlaskan Niat shalat tahajud anda Karena Allah
Senantiasa menjaga keikhlasan ketika berniat untuk bangun malam dan melakukan sholat tahajud. Dengan niat yang ikhlas karena Allah, Insya Allah akan meringankan pekerjaan yang semula tampak berat. Allah SWT menekankan kepada hambaNya untuk senantiasa mengikhlaskan niat hanya kepadaNya. Untuk itu jika Anda sulit untuk bangun malam, cobalah untuk meluruskan niat dulu, ikhlas karena Allah.

2.Tidak Membuat diri terlalu lelah di siang hari
Jangan membuat diri terlalu lelah di siang hari, supaya Anda bisa mengerjakan shalat tahajud. Anda harus bisa menyeimbangkan antara bekerja dan ibadah. Jika memang ada tugas yang harus diselesaikan dan dibawa pada hari esok, lebih baik dikerjakan selepas melaksanakan sholat tahajud, jangan dikerjakan pada waktu malam (sebelum tidur) yang memakan waktu hingga larut malam dan akhirnya akan membuat kita tidak dapat bangun di sepertiga malam (kesiangan).

3.Tidur dalam keadaan suci
Biasakan sebelum tidur berwudhu terlebih dahulu. Tidur dalam keadaan suci akan membuat jiwa kita bersih dan ruhyah kita terjaga, sehingga dengan begini kita akan lebih ikhlas dalam menjalankan sholat tahajud.

4.Tidak Membuat tempat tidur yang mewah
Bermegah-megahan dengan tempat tidur menurut Rasulullah Saw dapat menghalangi seseorang untuk bangun malam dan juga shalat malam. Sebagaimana hadist beliau.
“Rasulullan Saw bersabda, “Berbaring di atasnya (tempat tidur yang mewah) dapat mencegah shalat malamku.” (HR. As-suyuti).

5. Tidur di atas lambung kanan
Rasulullah Saw menganjurkan umatnya untuk tidur di atas lambung kanan, artinya tidur dengan miring ke kanan.

6.Segera tidur setelah shalat isya
Tidurlah setelah shalat isya. Biasakan tidur di awal waktu, jangan bergadang untuk hal-hal yang tidak penting, yang akhirnya hanya akan membuat mata kita terlampau lelah dan mengantuk untuk bangun di sepertiga malam. Yang terbaik adalah tidur lebih awal dan bangun lebih awal artinya tidur secepatnya, kemudian bangun lebih cepat juga dan mampu melaksanakan sholat tahajud.

7.Berdzikir sebelum tidur
Langkah lainnya adalah melakukan dzikir sebelum tidur. Selain mendapat pahala dari Allah SWT, dzikir juga merupakan benteng diri dari gangguan setan. Allah akan menjaga hambaNya yang selalu ingat kepadaNya.

8.Merasakan bahwa Allah SWT memanggil
Bagi orang yang memenuhi panggilan Allah maka Allah menjanjikan kedudukan terpuji (QS. Al Isra : 79). Cobalah untuk merasakan bahwa Allah sudah memanggil kita untuk shalat tahajud! Menurut Sayyid Quthb dalam komentarnya tentang ayat ini :
“Bahwa dengan shalat, Al-Qur’an dan tahajud serta hubungan yang abadi dengan Allah itu merupakan jalan untuk mendapatkan tempat terpuji, karena Rasulullah SAW diperintahkan untuk shalat, bertahajud, dan membaca Al-Qur’An agar Tuhannya memberikan kedudukan yang di izinkanNya. Itu bagi seorang Nabi terpilih, apalagi bagi orang-orang selainnya, maka mereka jauh lebih membutuhkan sarana ini untuk mendapatkan kedudukan tersebut.

9.Merasakan bahwa Allah SWT melihat dan mendengar shalat tahajud kita
“Shalat lah seolah-olah engkau melihat Allah, dan apabila engkau tidak mampu maka Allah pasti melihatmu”Demikian di sebutkan dalam sebuah hadist Rasulullah Saw. Ketahuilah bahwa Allah mengetahui apapun yang kita lakukan sekecil apapun perbuatan itu. Kendatipun seorang manusia telah terlelap dari tidurnya, tetapi Allah akan melihatnya. Bahkan doa di kegelapan malam justru di dengar oleh Allah SWT dan mendapatkan perhatian khusus.

10.Ingin memiliki sifat-sifat orang-orang yang menunaikan tahajud, terutama generasi muslim pertama
Orang yang melaksanakan shalat tahajud dengan rutin, InsyaAllah dia akan melaksanakan dampak yang luar biasa dalam dirinya. Seperti ketenangan hati dan jiwa, kesehatan hati dan jasmani, dan sebagainya. Tentunya ini tidak terlepas dari keikhlasan niat dan kekhusyukan shalat kita.
Shalat tahajud juga mempengaruhi kepribadian seseorang. Karena Shalat Tahajud adalah bagian dari terapi hati, maka yang melaksanakannya insyaAllah akan di jauhkan dari kemaksiatan. Jiwanya akan melaksanakan ketentraman dan perilakunya akan terjaga.

11.Menghayalkan surga
Allah SWT menjanjikan surga dan kesenangannya bagi ahli ibadah. Bahkan ibadah sunah menambah poin tersendiri untuk meraih posisi tertinggi di sisi Allah SWT. Dengan mengingat itu maka kita akan senantiasa termotivasi untuk selalu melaksanakan shalat tahajud. Dengan menghayalkan surga maka jiwa kita akan terdorong untuk berusaha mendapatkan surga itu dengan cara shalat tahajud, InsyaAllah.

12.Selalu ingat akan azab neraka
Selain surga Allah juga menyiapkan neraka bagi orang-orang yang ingkar kepadaNya, bagi mereka yang tidak mau sujud kepada Allah. Dengan mengingat ini maka kita akan senantiasa ingat dan takut akan azab neraka dan senantiasa bersujud padanya.

kira-kira begitulah tips untuk dapat menunaikan sholat tahajud. Semoga kita bisa melakukannya dan bagi yang belum bisa semoga kita segera mendapatkan hidayah dari-Nya. Amin.

Sumber



Posted by Agus Tri Atmadi , Published at 00.57 and have 0 komentar

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar