Mencoba Memaknai Hidup Dengan Tekad, Kebersamaan, dan Do'a

7 Tips Menghadapai Ujian Tulis SBMPTN

7 Tips Menghadapai Ujian Tulis SBMPTN


Cerita Sepanjang Penghidupan


Sebentar lagi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2013 akan segera dilaksanakan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, SBMPTN tahun ini dilakukan secara serentak. Untuk menghadapi ujian tulis SBMPTN, para peserta pastinya memiliki trik tersendiri dalam melakukan ujian agar dapat lulus dan masuk sesuai PTN yang diinginkan. Dari pengalaman saya 2 tahun lalu, berikut beberapa tips dari saya menghadapi ujian SBMPTN 2013 :

1. Siapkan Mental

Mental seorang siswa akan mampu merubah segalanya. Biasanya mereka masih memiliki mental yang kurang kuat karena memiliki pengalaman yang masih minim. Maka dari itu, diusahakan agar meminta semangat dari orang-orang yang dianggap telah berpengalaman menjadi mahasiswa. Selain itu dengarkan pengalaman yang mereka ceritakan. Mereka pasti memiliki motivasi yang kuat dalam menghadapi ujian masuk PTN ini.

2. Jaga Kesehatan

Kesehatan adalah salah satu modal utama dalam menghadapi SBMPTN ini. Perlu diingatkan kalau tips yang pertama berpengaruh pada tips yang kedua. Bila mental kita down, bisa-bisa kesehatan akan terganggu. Mulai dari sekarang jagalah pola hidup agar tidak mudah terkena gangguan kesehatan. Makan dan olahraga yang teratur itu sudah cukup. Tapi sesekali diimbuhi dengan vitamin agar semakin kuat antibodi kita.

3. Do'a Ibu

Tak bisa dibantahkan kalau do'a seorang ibu sangat mustajab. Ini yang kebanyakan anak-anak SMA atau sederajat dilupakan. Setiap berangkat sekolah mereka jarang berpamitan dan meminta do'a kepada ibunya. Nah, mulai sekarang latihlah agar selalu meminta do'a dan mencium tangan ibu. Tanpa do'a ibu, usaha kita akan sia-sia. Bagaikan kita ingin menyeberang pulau tapi tak ada kendaraan yang mampu melewati laut.

4. Istiqomah Dalam Beribadah

Jangan jadikan ibadah sebagai alat untuk mempermudah suatu keadaan. Kebanyakan orang sekarang ini (yang imannya masih kurang), rajin beribadah ketika menghadapi sesuatu yang dianggap prestisius seperti SBMPTN ini. Namun setelah itu mereka lalai akan kewajiban tersebut dan itu adalah salah satu contoh kekufuran terhadap nikmat yang Allah berikan.

5. Belajar Sedikit Demi Sedikit Setiap Pagi

Belajar memang kegiatan yang membosankan, apalagi sekarang banyak fasilitas yang menjerumuskan. Seperti game online. Diusahakan belajar sedikit saja setiap pagi, karena sedikit itu lebih baik dari pada banyak tetapi mubadzir. Dan waktu pagi adalah saat yang tepat untuk menyimpan materi yang kita pelajari di dalam otak kita karena otak kita masih fresh.

6. Jawab Setiap Pertanyaan Yang Diujikan Dengan Bacaan Basmallah

Kita sudah tahu mengenai penilaian setiap jawaban di Ujian Tulis SBMPTN. Ada 3 kriteria penilaian, bila jawaban benar = 4, salah = -1, dan tidak dijawab = 0. Kebanyakan anak-anak takut akan jawaban yang mereka jawab, sehingga mereka memilih mengosonginya. Padahal kalau kita lihat, perbandingan antara jawaban benar dan salah adalah 4 : 1. Karena perbandingan yang cukup besar, peluang untuk memperoleh nilai yang tinggi adalah yang menjawab buka yang tidak menjawab. Bila kita ragu dalam memilih jawaban yang paling tepat, setiap akan menjawab baca basmallah agar diberi petunjuk oleh Allah melalui kata hati kita. Semua itu juga percuma kalau kita tak percaya dengan kekuatan Basmallah.

7. Baca Do'a Sebelum Mengerjakan Soal Ujian

Ini yang sering dilupakan oleh pelajar. Do'a diawal akan menentukan hasil akhir. Jika lupa, bisa jadi hasil akhirnya tidak sesuai keinginan. Tapi ingat, sebelum kita berangkat, diusahakan kita suci dari hadas besar dan hadas kecil. Dimulai dari mandi besar, kemudian setiap berangkat kita bersuci dahulu dengan berwudlu. Usahakan, kesucian wudlu nya terjaga sampai ujian dihari itu selesai. Karena salah satu faktor do'a dikabulkan adalah dalam keadaan suci.


Begitulah kiranya tips dari pengalaman admin dalam mengikuti ujian masuk PTN. Semoga bermanfaat dan mampu memperoleh hasil yang baik dan masuk PTN yang diinginkan



Posted by Agus Tri Atmadi , Published at 16.47 and have 0 komentar

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar