Mencoba Memaknai Hidup Dengan Tekad, Kebersamaan, dan Do'a

Dzikir untuk Obat GALAU

Dzikir untuk Obat GALAU

Assalamu'alaikum sobat semua dimana kalian berada. Beberapa waktu lalu sempet ngetren dengan kata yang disebut GALAU. Apa sih galau itu ?

Galau bisa dikatakan sebagai suatu keadaan dimana seseorang merasakan kebimbangan, kekecewaan dan sebagainya. Pokoknya negative thinking terus lah. Bila definisi yang saya tidak buat tidak sesuai, tapi setidaknya intinya juga sama dengan pikiran sobat semua.

Cerita Sepanjang Penghidupan


Dalam pandangan agama saya (islam), merasa galau sangatlah ditentang. Saya mencoba menafsirkan mengapa galau itu sangat ditentang oleh agama padahal lagi ngetren di bumi indonesia kita ini. menurut ane, agama melarang sesuatu yang patut dilarang pasti memiliki alasan yang sangat kuat. Didalam islam, kita dianjurkan untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang diberikan-Nya. namun sebagian besar dari kita banyak yang tidak menyadari atas nikmat yang telah diberikan kepada kita.

Kita ambil contoh sederhana saja, seseorang yang hidup pasti juga menginginkan rezeki yang lancar bahkan berlimpah dalam hidupnya. Dan faktanya, banyak orang mengartikan rezeki itu berupa materi seperti harta benda dan sebagainya. Ini statement yang salah dalam diri manusia. Sehingga banyak orang yang merasa galau atau bimbang tatkala apa yang dia inginkan belum juga didapatkannya. Tak banyak orang yang menyadari bahwa bernafas atau hidup adalah rezeki dari Allah untuk umat-Nya. Untuk itu saya mencoba membagikan apa yang menjadi obat ketika gejala GALAU itu datang menghampiri saya.

1. Jadikan Beban sebagai Hidup, bukan Hidup sebagai beban
Statement semacam ini perlu kita tanamkan. Kita akan lebih merasa memiliki tantangan untuk melanjutkan hidup yang lebih baik. Bila hidup kita jadikan sebagai suatu beban, maka pasti kita akan selalu merasa berat menjalani hidup ini, dan ujung-ujungnya kadar keimanan kita akan berkurang. Dengan begitu kita selalu merasa gelisah dan bimbang dalam menjalani hidup. Jadi tancapkan dalam-dalam statement ini didalam diri kita.

2. Bersuci dan Berdzikir menyebut asma-Nya
Obat kedua ini sangat manjur dan sangat banyak manfaatnya. ketika kita merasa gejala galau itu datang, sebaiknya kita segera mensucikan diri dengan berwudlu agar syaiton tidak menguasai diri kita dan diperkuat dengan berdzikir menyebut asma-Nya sebanyak-banyaknya. Perlahan-lahan lewat alunan dzikir yang kita lantunkan perasaan galau itu akan berkurang dan bahkan hilang. Selain menjadi obat galau, dzikir juga memberikan manfaat yang baik bagi diri kita. Seperti, hati terasa nyaman dan tenang, meningkatkan kadar keimanan kita, menjadikan kita sebagai orang yang lebih bersyukur atas nikmat-Nya


Kadar galau dalam diri kita, cuma kita yang bisa merasakan. Jadi, sesegara mungkin usir rasa galau itu dengan 2 tips yang saya bagikan. Meskipun terlihat sederhana, tapi banyak sekali manfaatnya. Sekiranya ada kekurangan mohon dimaafkan, karena ini sesuatu hal yang pernah saya rasakan dan lakukan dan saya hanya ingin berbagi. Semoga bermanfaat bagi kita semua.
Allahu'alam.


Posted by Agus Tri Atmadi , Published at 07.30 and have 0 komentar

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar