Mencoba Memaknai Hidup Dengan Tekad, Kebersamaan, dan Do'a

Ujian untuk orang yang menunaikan ibadah sunnah

Ujian untuk orang yang menunaikan ibadah sunnah

Cerita Sepanjang Penghidupan
Assalamu'alaikum. Salam sejahtera buat sobat semua. Hari ini begitu lelah menjalani kehidupan di kampus. Ya, menunggu sesuatu yang menjadi titik awal untuk melancarkan kuliah. Pengajuan topik judul skripsi namanya. Menunggu mulai ba'da dzuhur sampai waktu ashar akan habis, tetapi proposal yang kemarin sudah ditumpuk ternyata tak sesuai dengan tempatnya sehingga tidak jadi maju untuk mempresentasikan dan terpaksa ditunda minggu depan. Rasanya itu nyesek, tapi tak apa lah. Hidup itu harus bervariasi, kadang enak kadang juga nggak. Kita harus menghadapinya dengan ikhlas.

Sedikit curhat mengenai kejadian yang saya alami hari ini, kembali ke topik. Seorang muslim pasti memiliki rasa untuk menunaikan ibadah yang menjadi wajib baginya. Dan sebagian muslim juga ingin menambah keimanannya dengan menunaikan  ibadah sunnah. Contohnya puasa sunnah senin kamis, sholat tahajud, sholat duha, dan lainnya.

Menurut pengamatan saya selama ini, jujur saja orang yang menjalani ibadah sunnah godaannya begitu berat bahkan boleh dibilang lebih berat dari ibadah wajib. Bagaimana tidak, disaat sebagian orang tak melaksanakan kita seorang diri yang melaksanakan. Rasanya seperti kaum minoritas. Tapi semua perasaan itu akan menjadi bumbu dalam meningkatkan keimanan kita ketika kita menjalaninya dengan ikhlas dan karena Allah Ta'ala.

Kita ambil contoh puasa sunnah, dikala kebanyakkan orang tak melaksanakan kita melaksanakan ibadah puasa tersebut. Bukan hanya soal makanan yang menjadi godaan utama, tapi kesabaran dan keikhlasan kitalah yang sebenarnya diuji. Bagaimanapun bentuknya ujian itu, kita harus tetap meyakini bahwa semua ujian yang didatangkan Allah kepada kita adalah bukti sayangnya Allah kepada umatnya yang beriman. Kita harus ikhlas menjalaninya.

Satu lagi contoh mengenai ibadah sholat tahajud. Banyak ulama beranggapan bahwa sholat sunnah yang paling disukai Allah adalah tahajud. Tahajud dilakukan ketika semua orang terlelap dalam tidurnya. Kita harus bangun untuk menunaikan ibadah sunnah tersebut. Sholat tahajud lebih afdol jika kita terlebih dahulu tidur dan lebih baik dilaksanakan pada sepertiga malam terakhir. Banyak orang mengisahkan bahwa godaan seseorang yang melaksanakan ibadah sholat tahajud, akan mulai terasa pada malam ke 31 (apabila orang tersebut melakukannya setiap hari tanpa putus satu malam pun). Mulai dari jelmaan ulama atau bahkan syaithon yag menggoda iman kita agar goyah.

Semua ungkapan diatas merupakan pengamatan saya terhadap ibadah sunnah yang ada di agama kita yaitu Islam. Tentu sebagai pribadi muslim yang baik kita wajib, meyakini bahwa semua ujian yang Allah berikan semata-mata kecintaan-Nya terhadap umatnya. Bila kita mampu ikhlas dan semata-mata karena Allah dalam menunaikan ibadah sunnah, pasti semua godaan yang ada akan terasa nikmat dan bahkan tak terasa. Semoga amal ibadah yang kita lakukan baik yang wajib maupun sunnah bermanfaat bagi diri kita serta mampu meningkatkan keimanan kita kepada Allah, Dialah Tuhan satu yang tiada duanya.
allahu'alam bishowab.


Posted by Agus Tri Atmadi , Published at 21.02 and have 0 komentar

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar