Mencoba Memaknai Hidup Dengan Tekad, Kebersamaan, dan Do'a

Tips Sahur bagi Mahasiswa yang Menunaikan Puasa Sunnah

Tips Sahur bagi Mahasiswa yang Menunaikan Puasa Sunnah

Cerita Sepanjang Penghidupan
Assalamu'alaikum. Sobat CS-Pe semua. Hari ini adalah hari rabu, dan besuk adalah hari kamis dimana seorang muslim disunnahkan untuk berpuasa. Memang menjalankan ibadah sunnah itu terasa lebih berat. Tapi tentu kita harus yakin kita beribadah semata-mata karena Allah Ta'ala. Berbicara soal puasa, kurang afdol rasanya kalau tidak melakukan sahur. Bagi orang muslim sahur merupakan sunnah dari puasa tersebut, dan tentu sahur juga ada batas waktunya yaitu imsak.

Sebagai seorang pelajar perantau di kota orang dan jauh orang tua, kegiatan sahur sangatlah berbeda dengan biasanya. Kalau dirumah, kita dibangunin sahur oleh ibu dan makanan sudah tersedia. Tapi bagi mahasiswa seperti saya ini, bangun di waktu sahur merupakan hal yang sulit (sebagian juga ada yang melakukan sahur tanpa kesulitan karena terbiasa bangun untuk sholat tahajud). Karena dengan banyaknya tugas yang diberikan dosen, jadi kita sering mengerjakannya hingga larut malam. nah untuk masalah ini saya memiliki beberapa tips agar kita tetap bisa sahur meski tugas menumpuk. ini dia tipsnya :

1. Sediakan Bahan Makanan atau Makanan Jadi
Untuk hal ini kita bisa membeli mi instan, atau kalau tidak membeli makanan yang siap makan tetapi antara nasi, sayur dan lauk disendiri-sendirikan.

2. Segerakan Sholat 5 waktu
Dari semua waktu yang telah ditentukan oleh Allah untuk kita dalam mengerjakan sholat, kita harus bisa melakukannya tepat waktu (on time). Tidak hanya untuk hari rabu atau akan berpuasa, tetapi untuk selamanya. Jadi dengan begitu hati terasa tenang.

3. Niatkan berpuasa Sunnah setelah Sholat Isya'
Jangan sampai mengulur-ngulur waktu untuk melakukan sholat isya'. Karena kebanyakan orang beranggapan bahwa waktu untuk sholat isya sangatlah lama, sehingga banyak juga orang yang menundanya. Misalnya, ah masih jam setengah 8, nanti dulu saja setelah mengerjakan tugas ini. Jangan sampai ini terjadi. Setelah sholat isya' selesai niatkan dalam hati dan lisan untuk berniat puasa sunnah karena Allah Ta'ala. Insya Allah, Dia akan menguatkan kita.

4. Makanlah makanan yang sudah disediakan sebelum kita tidur
Setelah kita menyediakan makanan untuk sahur, apabila kita takut tidak bisa bangun sahur, maka makanlah makanan tersebut sebelum kita tidur. Disamping itu, hindari pikiran bahwa "Semakin cepat kita makan, maka jarak waktu rasa lapar yang muncul juga akan cepat". Ini pemikiran yang salah, untuk itu ketika kita akan makan (misalnya jam 12 malam), iringilah dalam hati niat untuk makan sahur dan semoga diberkahi Allah. suatu keajaiban akan muncul, tatkala ketika puasa dilaksanakan rasa lapar itu seakan-akan tidak pernah muncul. Asalkan kita ikhlas menjalaninya dan karena Allah.

Mungkin tips diatas membantu teman-teman mahasiswa semua yang beragama islam dan ingin melaksanakan ibadah sunnah yaitu puasa sunnah. Tips diatas saya bagikan menurut pengalaman pribadi saya, yang alhamdulillah sampai saat ini masih terjaga. Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah dan menjadikan kita sebagai pribadi muslim yang lebih baik lagi.
Allahu'alam bishowab.


Posted by Agus Tri Atmadi , Published at 19.57 and have 0 komentar

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar