Mencoba Memaknai Hidup Dengan Tekad, Kebersamaan, dan Do'a

Tips Untuk Mahasiswa Baru (Maba)

Tips Untuk Mahasiswa Baru (Maba)



Masuk dunia studi baru, biasanya akan memberikan semangat dan energi baru. Menyandang perubahan status dari siswa menjadi mahasiswa, pasti memberikan kebanggaan tersendiri. Sebelum berjibaku di bangku perkuliahan, ada baiknya anda mempersiapkan diri dengan matang. Sebab, sukses di bidang akademik tidak hanya membutuhkan kecerdasan otak, pengaturan waktu dengan baik juga akan menentukan. 

Memasuki dunia kampus, anda akan mengetahui jadwal perkuliahan dilakukan secara mandiri. Nah, mulai sekarang persiapkan jadwal segala kegiatan yang akan Anda lakukan. Taati dan disiplinlah. Misalnya:

  • Mengatur waktu untuk pergi ke perpustakaan;
  • Menulis laporan praktikum atau lab;
  • Jadwal bertemu dosen;
  • serta berbagai kegiatan akademik lainnya. 


Perlu diketahui atmosfer belajar yang akan anda hadapi berbeda dengan ketika anda belajar di SMA/SMK sederajat yang bisa menghabiskan waktu belasan jam. Kali ini, bersiaplah untuk menyisihkan waktu ekstra karena akan ada berbagai tugas perkuliahan yang menanti. 

Tugas-tugas ini dipastikan akan menguras dan menyita waktu lebih banyak. Menyisihkan waktu untuk mengerjakan berbagai tugas itu pun tidak akan menjamin kesuksesan. Anda juga harus mengerti dan memahami penjelasan yang diberikan dosen. Dosen berharap, mahasiswa dapat mengerti penjelasan yang diberikan dengan cara apa pun. 

Untuk itu, gunakanlah waktu sehari-hari Anda dengan optimal:

  1. Buatlah catatan kelas, pelajari dengan matang;
  2. Lakukan tes-tes untuk mengetahui seberapa dalam Anda memahami materi;
  3. Anda juga dianjurkan untuk memiliki kelompok belajar, serta mangadakan pertemuan rutin dengan dosen untuk m engetahui sejauh mana perkembangan belajar Anda. 


Dengan berinvestasi waktu, Anda dapat menyimpan nilai dan mengurangi stres pada saat ujian. Selain belajar, Anda juga bisa menyediakan waktu untuk hang out bersama teman-teman. Tetapi, rencanakanlah dulu waktu untuk bersenang-senang dengan memastikan jadwal kelas perkuliahan.

Perbanyak  teman dan aktif berorganisasi akan memudahkan Anda membiasakan diri di lingkungan yang baru Anda datangi. Dengan banyak berteman, Anda akan mudah mencari lawan diskusi ketika menemui kesulitan dalam belajar.




Posted by Agus Tri Atmadi , Published at 16.16 and have