Mencoba Memaknai Hidup Dengan Tekad, Kebersamaan, dan Do'a

Tips Android Tidak Menguras Pulsa

Tips Android Tidak Menguras Pulsa


Pengguna handphone Android pasti pernah merasakan pulsanya tiba-tiba habis padahal tidak pernah digunakan. Nah, pengalaman ini juga pernah saya rasakan ketika saya menggunakan Samsung Galaxy Young. Pulsa yang baru di isi Rp.10000 tiba-tiba habis begitu saja padahal baru beberapa menit saja di isi.

Apa ya penyebabnya? Pertanyaan ini membuat saya penasaran, untuk mengetahui
penyebab dari tersedotnya pulsa. Dan usut punya usut setelah beberapa kali membaca fungsi dan fitur dari handphone Android ternyata ada salah satu fitur yang membuat hal ini terjadi yaitu Auto Sync. Fitur ini memungkinkan ponsel untuk selalu mengecek email, melakukan sinkronisasi kontak serta kalender dengan terhubung internet. Hal inilah yang akhirnya menyedot pulsa karena selalu berjalan secara otomatis dengan layanan internet.
Bagaimana ya cara mengatasinya?
Untuk mengatasi handphone android yang selalu menyedot pulsa Anda harus mematikan fitur auto sync yang ada di ponsel android anda. Apakah cuma itu? tentu tidak, ada cara lain agar ponsel Android yang anda miliki tidak menguras pulsa anda. Dan berikut ini 2 tips agar pulsa anda tidak tersedot ponsel android.
1. Mematikan Auto Sync dan Background data
Seperti yang telah saya jelaskan di atas Auto Sync ini merupakan fitur yang bekerja secara otomatis terhubung ke internet untuk mengecek email, mengupdate aplikasi dan melakukan sinkronisasi kontak serta kalender. Untuk mematikan fitur auto Sync ini cukup mudah berikut ini langkah-langkahnya : 
Pertama anda harus memilih menu Setting (pengaturan), kemudian Pilih menu Account & Sync dan anda akan melihat tampilan seperti gambar dibawah, tapi kemungkinan ada perbedaan tampilan antara Ponsel Android yang satu dengan yang lain.
Jika tidak ingin secara otomatis melakukan sinkronisasi data anda harus menghilangkan tanda centang yang ada pada menu auto Sync. Atau kalau sudah tidak berwarna hijau berarti sudah nonaktif. 
Sedangkan Background data yang dalam pengertiannya ketika anda mengaktifkan sebuah aplikasi yang terhubung dengan internet maka aplikasi tersebut masih tetap berjalan walaupun Anda sudah berada di menu utama. Dengan demikian maka pulsa anda akan terus tersedot kalau aplikasi tidak dikeluarkan. Nah, untuk mematikan Background data ini anda cukup hilangkan tanda centang yang ada di menu tersebut, atau kalau sudah tidak berwarna hijau berarti sudah nonaktif. 
Untuk cara pertama ini terdapat kelemahannya karena anda harus mengaktifkan secara manual ketika akan melakukan sinkronisasi di area hotspot. Makanya ini ada pilihan lain untuk menghindari ponsel android menyedot pulsa anda. Silahkan disimak di tips kedua. 
2. Mematikan fitur Use data packet 
Cara kedua ini tetap mengaktifkan menu Background data dan Auto Sync tapi Anda harus menonaktifkan fitur Use data Packet. Fitur ini berfungsi untuk menjalankan internet dengan Kartu SIM. Nah, dengan mematikan fitur ini maka ketika menjalankan browser atau internet tidak akan mengurangi pulsa tapi bisa dialihkan ke Wifi. Berikut ini cara menonaktifkan Use data Packet. 
  • ·    Buka pengaturan 
  • ·    Pilih Wireless & Network 
  • ·    Pilih Mobile Network 
  • ·    Pilih Use data Packet dan hilangkan tanda centang yang ada di sampingnya, kalau sudah tidak berwarna hijau berarti fitur ini telah dimatikan. 


Dengan melakukan kedua tips diatas anda pasti bisa terhindar dari terkurasnya pulsa yang ada di ponsel android. Saya jamin, karena ini sudah saya alami sebelumnya.



Posted by Agus Tri Atmadi , Published at 09.56 and have