Mencoba Memaknai Hidup Dengan Tekad, Kebersamaan, dan Do'a

Pekerjaan Sambilan untuk Mahasiswa

Pekerjaan Sambilan untuk Mahasiswa



Mahasiswa harus siap dengan resiko yang akan dihadapi. Karena, peran ganda akan menuntut tanggung jawab ganda. Sebagai orang yang telah dewasa, pasti dalam benak diri mahasiswa ada pemikiran tentang pekerjaan. Banyak mahasiswa yang kuliah sambil bekerja. Variasi pekerjaan sangat banyak. Berikut beberapa pekerjaan yang mungkin bisa dilakukan dan mungkin juga cocok :


1. Penulis Online

Mahasiswa tak pernah jauh dari dunia maya (online). Karena di dunia maya inilah mahasiswa biasanya mencari referensi untuk tugas yang diberikan dosen. Dengan demikian, mahasiswa bisa melamar ke portal berita online atau menjadi penulis konten website di satu perusahaan. Selain menjadi penulis konten website, mahasiswa juga bisa menjadi blogger. Tapi untuk menjadi seorang blogger sejati, dibutuhkan kesabaran dan ketekunan. Meski begitu, jangan sampai lupakan kuliah karena itu merupakan tujuan utama mahasiswa.

2. Tutor

Menjadi seorang tutor adalah pekerjaan mulia. Disamping mendapatkan penghasilan, juga mendapatkan kebaikkan akhirat dengan menyebarkan ilmu yang didapat. Mahasiswa bisa mengajukan lamaran ke tempat belajar non formal seperti tempat les, kursus atau lainnya.

3. Penjual Barang

Banyaknya mahasiswa di sebuah universitas, mampu menciptakan peluang ekonomi bagi mahasiswa yang memiliki respon akan hal itu. Dengan berjualan berbagai macam benda, seperti asesoris, makanan, pakaian dan lain sebagainya. Mahasiswa tak perlu malu mengenai hal tersebut. Ini adalah sebuah peluang dimana bisa merubah hidup mahasiswa 180 derajat jika mampu mengelola dengan baik.

4. Servis Freelance

Pekerjaan ini lah yang paling mudah dan menarik kalau menurut saya. Karena tidak terikat waktu dan bisa memiliki jaringan yang banyak yang juga nantinya bisa dimanfaatkan saat bekerja setelah lulus kuliah. Servis Freelance ini ada beberapa macam pekerjaan. Mulai dari Servis Komputer/Laptop, AC dan Peralatan Elektronik lainnya, Motor, dan sebagainya. Pekerjaan ini mudah tapi tentunya harus memiliki keahlian di bidang yang digeluti. Mahasiswa bisa membuat pamflet atau kartu nama, kemudian diberikan kepada teman-teman kuliah. Dari sinilah langkah awal untuk mendapatkan panggilan untuk menservis. 


Semua pekerjaan adalah baik. Tapi tergantung pada kita untuk menanggapi hal itu. Yang terpenting adalah tetap berusaha dan selalu berdo'a kepada Allah SWT agar senantiasa diberi kelancaran rejeki dan urusan yang dilakukan.



Posted by Agus Tri Atmadi , Published at 21.53 and have