Mencoba Memaknai Hidup Dengan Tekad, Kebersamaan, dan Do'a

Tipe Mahasiswa dan Karakternya

Tipe Mahasiswa dan Karakternya




Dalam dunia perkuliahan atau kampus, semua mahasiswanya berasal dari tempat dan lingkungan yang berbeda-beda. Karena itu mereka juga memiliki karakter dan sifat berbeda-beda. Sehingga dalam pergaulannya merekan akan menunjukkan keaslian mereka dari mana di awal-awal kuliah semester pertama. Namun menginjak semester selanjutnya, maka perilaku mereka akan berubah. Nah, ada berbagai macam tipe-tipe mahasiswa dan karakternya berikut ini. Mungkin kamu termasuk salah satu dari tipe mahasiswa ini :


Mahasiswa Kupu – Kupu

Weits…tunggu dulu, mahasiswa kupu-kupu disini bukanlah mahasiswa yang bisa terbang lho. Kupu – kupu artinya kuliah pulang – kuliah pulang, kawan. Mahasiswa yang satu ini pasti pulang ke kos atau ke rumah setelah selesai kuliah. Biasanya mereka nggak betah lama-lama di kampus, mungkin bisa karena nggak ada kegiatan menarik di kampus, ada tugas menumpuk atau mungkin suasana rumah lebih membuat dia nyaman. Karakter mahasiswa yang satu ini biasanya tertutup dan pemalu. Tapi belum tentu semua berkarakter seperti itu, semua bergantung pribadi , kebutuhan, dan keadaan masing-masing individu.


Mahasiswa Kura – Kura

Kura – kura artinya kuliah rapat – kuliah rapat. Nah, mahasiswa yang satu ini suka mengikuti kegiatan dan organisasi di dalam ataupun luar kampus. Tipe ini bisa dibilang mahasiswa yang eksis dan gaul. Mahasiswa kura – kura biasanya sangat terkenal di kampus karena sering terlibat di acara kampus. Mahasiswa tipe ini biasanya akan menjadi mahasiswa yang percaya diri, supel, dan pandai berkomunikasi, serta berani berpendapat.


Mahasiswa Kuda – Kuda

Mahasiswa kuda – kuda berarti mahasiswa yang kuliah dagang – kuliah dagang. Mahasiswa yang satu ini biasanya selain kuliah mereka juga berdagang lho. Mereka biasa berjualan makanan, pulsa, pakaian bahkan sampai obat kecantikan. Mereka memiliki jiwa bisnis, mandiri, dan bisa memanfaatkan peluang yang ada, sangat cocok unruk menjadi enterpreneur. Mahasiswa tipe ini memiliki keberanian dan pikiran yang maju untuk memulai bisnis. Selain bisa menambah uang saku, hasil dari jualan juga biasa  dipakai untuk membiayai kuliah mereka sendiri. Hayo siapa yang mau menjadi mahasiswa kuda-kuda? Hehehe.


Mahasiswa Kunang – Kunang

Kunang – kunang artinya kuliah nangkring – kuliah nangkring. Mahasiswa yang satu sering terlihat pulang kuliah terus langsung nangkring ( nongkrong ) di cafe, mall, atau kantin. Mahasiswa tipe ini suka kumpul rame-rame dengan teman-teman sekedar ngobrol dan nggosip. Rumpik ciiyynt….! Hihihi.  Mahasiswa tipe ini biasanya easy going, pandai bersosialisasi, supel, gaul dan asik dijadikan teman.


Mahasiswa Kuker

Nah, mahasiswa kuker adalah mahasiswa yang kuliah – kerja. Selain kuliah mereka juga memiliki pekerjaan di luar kampus bisa part time atau wirausaha. Mahasiswa yang satu ini mempunyai tanggung jawab untuk mencari uang, bisa karena tuntutan hidup atau ingin mandiri. Karakter mahasiswa tipe ini adalah berprinsip, mandiri, berani, dan bertanggung jawab.


Mahasiswa Kuper

Salah besar kalau kamu menganggap mahasiswa kuper adalah mahasiswa kurang perhaulan. Kuper disini artinya kuliah – perpustakaan. Mahasiswa yang satu ini sehabis kelar kuliah terus langsung ke perpustakaan. Mereka suka membaca dan belajar untuk menambah pengetahuan mereka. Mahasiswa tipe ini adalah mahasiswa calon-calon asisten dosen, karena dinilai rajin dan pandai. IP lebih dari 3 sudah biasa untuk mahasiswa yang satu ini. Secara akademik mereka memang unggulan dan nggak perlu diragukan nilai-nilainya.




Mahasiswa Nyamuk

Tipe mahasiswa seperti ini tak jarang kita temui dan bahkan bisa jadi teman kita sendiri di kelas. Tipe mahasiswa seperti ini kerjaannya hanya mencari muka dari dosen atau teman yang lainnya. Dan terkadang teman seangkatannya kurang suka dengan tingkah lakunya. Ada banyak hal yang biasanya dilakukannya ketika ingin mencari muka dari dosen atau teman-temannya, misalnya saja dari dosennya. Biasanya pada saat ujian atau tugas, teman yang lainnya tidak diberitahu dan ngumpulin terlebih dahulu. Selain itu dia bahkan sok tau didepan dosen. Nyari muka sech nyari muka, asalkan sewajarnya sajalah agar tidak mengganggu teman-temannya.


Mahasiswa Capung

Tipe Mahasiswa selanjutnya adalah Tipe Mahasiswa Capung (Cari Pinjaman Utang), nah biasanya tipe mahasiswa seperti ini adalah tipe mahasiswa yang sering menghambur-hamburkan duit tanpa adanya kejelasan dan keperluan yang memang benar-benar dibutuhkan. Tipe Capung biasanya terjangkit pada mahasiswa yang lagi membutuhkan duit untuk membeli sesuatu, atau karena tidak memiliki duit untuk makan dan jajan sehari-hari. Terkadang apabila duit di dompet sudah tidak ada, biasanya nyari pinjaman utang ke temen atau orang lain. Sungguh sangat malang nasib mahasiswa bertipe Capung ini, sebenarnya tidak ada salahnya kan apabila bertipe seperti ini. Namun, sebaiknya usaha sendiri terlebih dahulu sebelum meminjam, pergunakan waktu dan kesempatan sebaik-baiknya agar tidak menjadi mahasiswa yang bertipe ini.





Mas bro dan mbak sis, kamu termasuk dalam mahasiswa tipe yang mana? Apapun karaktermu di atas, yang paling penting adalah jadilah diri sendiri. Nggak perlu berpura-pura menjadi orang lain untuk menarik perhatian teman-temanmu. Just be your self, guys!




Posted by Agus Tri Atmadi , Published at 19.32 and have